Selasa, 25 Mei 2010

Tentang Kecerdasan Anak

KECERDASAN GANDA dalam DIRI ANAK

1.Kecerdasan Linguistik (word smart)
Merupakan kecerdasan berbahasa yang dimiliki oleh setiap orang yang tentunya berbeda kadarnya untuk setiap orang. Ada pun cirri-ciri kecerdasan ini adalah:
a.suka menulis kreatif
b.mengarang kisah khayal atau menuturkan lelucon dan cerita
c.sangat hafal nama, tempat, tanggal, dan hal-hal kecil
d.menikmati membaca buku di waktu senggang
e.mengeja kata-kata dengan tepat dan mudah
f.menyukai pantun lucu dan permainan kata
g.suka mengisi teka-teki silang atau melakukan permainan kata seperti scrubble
h.menikmati mendengarkan kata-kata lisa (radio, dongeng lisan, cerita)
i.mempunyai kosa kata yang luas atau kaya dibandingkan anak seusianya
j.unggul dalam pelajaran sekolah yang melibatkan membaca atau menulis/mengarang


2.Kecerdasan Logis-Matematis (number smart)
Anak yang mempunyai kecerdasan dalam bidang ini adalah:
a.menghitung problem aritmetika – matematika dengan cepat di luar kepala
b.menikmati menggunakan bahasa computer atau program software komputer
c.sering mengajukan pertanyaan seperti: Di mana akhir alam semesta? Mengapa langit biru?
d.Mampu bermain catur atau menyukai permainan strategi lainnya
e.Menjelaskan masalah secara logis
f.Merancang eksperimen untuk menguji hal-hal yang tidak dimengerti
g.Menghabiskan banyak waktu untuk menghabiskan teka-teki logika
h.Suka menyusun sesuatu dalam kategori atau hirarki
i.Mudah memahami sebab akibat
j.Menikmati pelajaran matematika, IPA dan cenderung berprestasi tinggi

3.Kecerdasan Kinestetik – jasmani (body smart)
a.berprestasi dalam olah raga kompetitif di sekolah atau lingkungan rumah
b.bergerak-gerak ketika sedang duduk (tak bisa diam)
c.terlibat dalam kegiatan fisik seperti berenang, bersepeda, hiking, atau bermain
sepatu roda
d.menyentuh sesuatu/memegang sesuatu sebelum dipelajari
e.Meniklamti kegiatan fisik seperti: melompat, lari, atau kegiatan serupa
f.memperlihatkan keterampilan dalam bidang kerajinan tangan seperti kerajinan
kayu, menjahit, mengukir, atau memahat.
g.pandai menirukan gerakan, kebiasaan,, atau perilaku orang lain.
h.menikmati bekerja dengan tanah, melukis dengan jari, atau kegiatan kotor lainnya
i.sangat suka membongkar berbagai benda dan kemudian menyusunnya

4.Kecerdasan Spasial – Visual (picture smart)
a.menonjol dalam kelas seni di sekolah
b.memberikan gambaran visual yang jelas ketika sedang memikirkan sesuatu
mudah membaca peta, grafik, dan diagram
c.memberikan gambaran visual yang jelas ketika sedang memikirkan sesuatu
d.menggambar sosok orang atau benda yang persis aslinya
e.senang melihat film, slide, atau foto
f.menikmati melakukan teka-teki jigsaw, maze, atau kegiatan visual lain
g.sering melamun
h.membangun konstruksi 3 dimensi yang menarik (contoh: bangunan LEGO)
i.mencoret-coret di atas secarik kertas atau di buku tugas sekolah
j.lebih banyak memahami lewat gambar daripada lewat kata-kata ketika sedang
membaca

5.Kecerdasan Musikal (music samrt)
a.memainkan alat musik di rumah atau di sekolah sebagai anggota band atau
orkes
b.mengingat melodi lagu
c.berpartisipasi sangat bagus di kelas musik
d.lebih bisa belajar dengan iringan musik
e.memiliki koleksi CD atau kaset
f.bernyanyi untuk diri sendiri atau orang lain
g.bisa mengikuti irama musik
h.mempunyai suara yang bagus untuk bernyanyi
i.peka terhadap suara-suara di lingkungannya
j.memberikan reaksi yang kuat terhadap berbagai jenis musik

6.Kecerdasan Anatarpribadi-Interpersonal (people smart)
a. mempunyai banyak teman
b. banyak bersosialisasi di sekolah atau di lingkungan tempat tinggal
c. tampak sangat mengenal lingkungannya
d. terlibat dalam kegiatan kelompok di luar jam sekolah
e. berperan sebagai ‘penengah keluarga’ ketika terjadi pertikaian
f. menikmati permainan kelompok
g. berempati terhadap perasaan orang lain
h. dicari sebagai ‘penasihat’ atau ‘pemecah masalah’ oleh teman-temannya
i. menikmati ketika mengajari orang lain
j. tampak mempunyai bakat pemimpin

7. Kecerdasan Intrapribadi – Intrapersonal (self smart)
a. memperlihatkan sikap independen atau kemauan yang kuat
b. bersikap realistis terhadap kekuatan dan kelemahannya
c. memberikan reaksi keras ketika membahas topik-topik kontroversial
d. bekerja atau belajar seorang diri dengan baik
e. mempunyai rasa percaya diri
f. mempunyai pandangan hidup yang lain daripada pandangan umum
g. belajar dari kesalahan masa lalu
h. dengan tepat mengekspresikan perasaannya
i. terarah pada pencapaian tujuan
j. terlibat dalam hobi atau proyek yang dikerjakan sendiri

8.Kecerdasan Naturalis (nature smart)
a.akrab dengan hewan peliharaan
b.menikmati berjalan-jalan di alam terbuka atau ke kebun binatang atau museum
sejarah alam
c.menunjukkan kepekaan terhadap bentuk-bentuk alam (misalnya: gunung, awan,
atau jika berada di dalam kepekaan terhadap bentuk-bentuk budaya populer,
seperti misalnya sepatu kanvas, sampul CD, model mobil dan sebagainya)
d.suka berkebun atau berada dekat kebun
e.menghabiskan waktu di dekat akuarium, terarium, atau sistem kehidupan yang
lain.
f.memperlihatkan kesadaran ekologis (misalnya daur ulang)
g.yakin bahwa binatang mempunyai hak tersendiri
h.mencatat fenomena alam yang melibatkan hewan, tanaman, dan ha-hal sejenis,
misalnya: mempunyai foto, buku harian, gambar, koleksi, dll
i.membawa pulang serangga, bunga, daun, atau benda-benda alam lain untuk
diperlihatkan kepada anggota keluarga lain.
j.memperlihatkan pemahaman yang mendalam di sekolah dalam topik-topik yang
melibatkan sistem kehidupan (misalnya: topik biologi, topik lingkungan hidup)

( disarikan dari berbagai sumber oleh Enung Martina)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar