Sabtu, 24 Oktober 2009

A GIFT from FRIEND

Pemberian dari Seorang Sahabat

Merry Riana, begitulah nama lengkap miliuner muda ini. Pada usianya yang ke-26 ia telah meraih kesukesan. Ia memilih Singapura sebagai tempat tinggal dan lahan bisnisnya. Dalam bukunya yang berjudul A Gift from Friend Merry Riana memberikan kiat-kiat dan juga motivasi untuk meraih kesuksesan. Buku ini disumbangkan untuk menunjang kewirausahaan kaum muda. Dengan jalannya Merry Riana meraih kesuksesan ingin membagikan jurus-jurus andalannya kepada orang lain agar orang lain pun bisa meraih kesuksesasn.

Menurut Merry Riana kesuksesan nerupakan proses yang terus berlangsung untuk menjadi lebih baik dan untuk mencapai lebih. Hal ini merupakan peluang untuk secara terus-menerus bertumbuh secara emosional, soial, psikologis, intelektual, financial, dan spiritual.

Merry Riana menganalogikan kehidupan karya manusia itu seperti seekor sapi dan seekor kuda pacu. Kehidupan seekor sapi sangat susah: menarik beban, diperah susunya, berproduksi untuk kelangsungan spesiesnya, dan akhirnya dipotong untuk industri daging. Sementara yang ia dapatkan untuk makanan hariannya adalah rumput. Kehidupan kuda pacu juga sama harus bekerja sepanjang hidupnya. Ia harus dilatih, diberi sepatu khusus, diberi kandang khusus,tetap ia juga diberi makanan yang juga khusus yaitu makanan pilihan dan berkualitas tinggi. Akhirmya seekor kuda pacu dapat memenangkan perlombaan. Ia akan menerima penghargaan dan pengakuan akan hasil kerja kerasnya.

Analogi lain adalah cerita balap lari antara kelinci dengan kura-kura. Pemenangnya adalah kura-kura karena kelinci menyepelekan acara balap itu dengan tertidur. Sedangkan si kura- kura perlahan dan terus-menerus berusaha untuk mencapai finish.
Kita lebih daripada seekor kuda pacu. Kita juga bisa memilih paradigma lain dalam kehidupan kita. Banyak oang memandang kualifikasi akademis lebih sebagai panduan untuk membatasi mereka pada apa yang dapat atau yang akan mereka lakukan dan yang tidak akan mereka lakuan. Kenyataannya gelar kesarjanaan atau diploma telah menjadi batu sandungan untuk kebanyakan orang.

Merry Riana berpendapat bahwa lingkungan kita mencerminkan harga kita. (orang yamg sama, bakat yang sama, kemampuan yang sama) + lingkungan yang berbeda = nilai berbeda
Uang sering menjadi bahan perdebatan dan tak dipungkiri bahwa terkadang juga bisa menjadi sumber masalah, tetapi semua orang membutuhkannya. Merry Riana berpendapat bahwa uang adalah seuatu yang netral. Uang bahkan dapat meningkatan kualitas hidup seseorang, cinta, persahabatan, persaudaraan dll. Memang uang bukan hal yang terpenting, tetapi uang merupakan sarana untuk meningkatkan dan mencapai hal yang penting tadi.

Bila kita sudah tidak mempunyai masalah dengan keuangan kita, itu artinya kita sudah mencapai kebebasan financial. Apa artinya kebebasan financial? Adalah kemampuan untuk menikmati hidup sesuai dengan kehendak hati kita sendiri. Adalah kemampuan untuk untuk melakukan apa pun yang kita mau, memiliki apa yang kita inginkan, dan dengan gaya hidup yang kita dambakan tanpa beban financial apa pun.

Tak bisa kita pungkiri juga bahwa untuk mencapai impian kita mengalami berbagai tantangan dan bahkan penderitaan. Pengalaman pahit dan penderitaan dalam hidup kita pada umumnya adalah peristiwa yang berakhir dengan kemenanan besar. Analoginya seperti kerang mutiara. Seekor kerang yang hidup dalam keadaan sempurna dan situasi yang ideal, tidak mengalami penderitaan, kerang itu tidak akan menghasilkan sebuah mutiara secara alami.

Namun, kerang akan menghasilkan mutiara ketika ada benda asing (pasir, kerikil kecil) masuk ke dalam tubuhnya. Benda asing itu jelas merupakan penderitaan bagi seekor kerang. Karena ada benda asing dalam tubuhnya, kerang akan merasakan kesakitan. Ia akan mengeluarkan ‘air mata’ untuk membungkus benda asing tersebut. Air mata ini secara perlahan akan mengeras dan akhirnya akan terbentuk suatu lapisan keras yang membungkus seluruh benda asing tadi. Maka jadilah ia mutiara.

Untuk meraih kesuksesan ada tiga hal yang harus kita perhatikan. Ketiga hal itu adalah VISI, TINDAKAN, dan HASRAT. VISI bergua untuk mengetahui apa yang benar-benar kita inginkan dan impikan. Ambil TINDAKAN yang terus menerus untuk untuk mewujudkan visi. Lakukan apa pun untuk membawa kita satu langkah lebih dekat pada tujuan kita. Dalam melakukan tindakan untuk mencapai tujuan ini sangatlah penting untuk memiliki HASRAT agar kia mencintai pekerjaan kita dan tetap bersemangat dalam bekerja.

Dalam meraih tujuan, kita harus memperhatikan rule. Peraturan harus kita patuhi agar dalam pencapaian tujuan itu kita dalam keadaan lancar dan tentunya selamat samapai tujuan. Peraturan tersebut adalah:
- Mempunyai integritas
- Untuk siapa kita melakukan semua hal yang kita kerjakan
- Aturlah gaya hidup yang seimbang lahir dan batin
- Mempunai hati yang bersyukur

Pada saat kita berusaha meraih tujuan kita, kita dihadapkan pada berbagai kesempatan untuk bisa mencapai sukses. Terkadang kita tidak tahu mana kesempatan yang tepat untuk bisa sampai pada tujuan kita. Merry Riana berpendapat kalau seseorang sudah terbiasa membuang kesempatan, seringkali kali mereka juga membuang kesempatan yang benar ketika kesempatan itu datang.

Hendaknya kita tidak melepaskan impian kita dan menukarkan dengan kesempatan atau peluang yang salah. Kesempatan yang salah bisa datang secara tersamar sebagai kesempatan yang sepertinya nyaman, enak, dan kesempatan kerja yang sepertinya cocok setelah kita lulus sekolah.

Dalam pencapaian sukses kita, kita tidak bisa bekerja sendirian. Kita akan bekerja sama dengan orang lain. Salah satu kunci untuk meningkatkan kesuksesan kita adalah dengan menentukan siapa orang-orang yang akan sering bekerjasama dengan kita. Kita bisa tetap berteman baik dengan teman-teman mana pun, tetapi tetap kita harus memilih partner yang tepat untuk rekan kerja kita.

Selain rekan kerja, kita juga harus menemukan pembimbing yang tepat. Seorang mentor, penasihat, atau pembimbing yang dapat memberikan gambaran persepektif dan nasihat yang bijaksana. Pembimbing juga dapat mengisi kekurangan dan kekosongan kita. Dengan bimbingan yang baik bisa menghindari kita dari pegnalaman gagal. Selain itu seorang pembimbing dapat mengajarkan kita kesabaran dalam menghadapi pengalaman baru dalam berjuang menjadi seorang yang ahli.

Demikian beberapa hal yang diringkaskan dari buku Merry Riana. Semoga hal-hal yang baik itu bisa membawa kita meraih kesuksesan dalam jalam hidup kita masing-masing. Setiap orang mermpunyai jalannya masing-masing sesuai dengan pilihan dan juga panggilan hidupnya. Tidak perlu semua orang menjadi wira usaha atau interpreneur karena nanti tak akan ada yang menjadi karyawan, guru, atau pembantu rumah tangga.

Semua orang mempunyai andil dalam dunia ini untuk memberikan yang terbaik pada dunia. Semua orang mempunyai peran dalam kehidupan ini, baik sebagai wira usahawan, karyawan, buruh, guru, atau ibu rumah tangga, bahkan yang masih pengangguran sekalipun. Namun, terkadang kita kurang wawasan dan hikmat untuk melihat semuanya. Marilah kita menjalankan peran kita masing-masing dalam membangun dunia ini agar menjadi lebih baik sehingga kasih, kebahagiaan, kedamaian, dan kesejahteraan senantiasa ada di tengah-tengah kita.

Serpong, akhir Juni 2009
Christina Enung Martina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar