Sabtu, 14 Desember 2019

JEJAK LANGKAH 25


KISAH YANG TERSISA DI MAGDALA
Satu catatan yang tertinggal. Seharusnya ini berada di urutan jejak Langkah  antara 17-18. Namun, karena satu dan lain hal, catatan saya terpisah sehingga baru ditemukan setelah saya menulis Jajak Langkah ke-24. Tadinya jejak Langkah tidak akan saya tulis, tetapi banyak hal yang perlu diabadikan dalam tulisan agar tak hilang menguap tertelan lupa.
Flavius Yosefus (sekitar 37 M. – sekitar 100), yang terkenal dalam kapasitasnya sebagai seorang warga negara Romawi. Ia sebagai seorang sejarawan dan penulis apologetik Yahudi abad pertama keturunan imam dan raja-raja yang bertahan dan mencatat "Penghancuran Yerusalem" pada 70. Karya-karyanya memberikan pemahaman penting tentang Yudaisme pada abad pertama.
Flavius Yosefus menyebut sebuah kota yang kaya di Galilea, dihancurkan oleh tentara Romawi pada waktu Perang orang Yahudi (Bellum III, x,) yang mempunyai nama Yunani Tarichaeae dengan makna perikanan yang makmur. Yosefus tidak memberikan nama Ibraninya. Beberapa penulis mengidentifikasinya dengan Magdala.
Magdala (bahasa Aram: מגדלא / Magdala, artinya "elegan", "agung", atau "menara" (yaitu "tempat agung"); bahasa Ibrani: מגדל / Migdal, artinya "menara"; bahasa Arab: قرية المجدل / Qariyat al-Majdal) adalah nama paling sedikit dua tempat di Israel kuno yang disebutkan dalam Talmud Yahudi dan satu tempat yang disebut dalam Perjanjian Baru Kristen.
Perjanjian Baru menyebut sebuah tempat bernama Magdala yang diperdebatkan. Matius 15:39 mencatat, "He [Yesus] sent away the multitude, and took ship, and came into the coasts of Magdala". Namun, naskah-naskah kuno dalam bahasa Yunani Koine menyebut namanya "Magadan", dan sejumlah terjemahan modern mengikutinya. Meskipun beberapa komentator menyatakan dengan tegas bahwa keduanya merujuk kepada satu tempat yang sama, yang lain  mengatakan bahwa substitusi Magdala untuk Magadan hanyalah "mengganti sebuah tempat yang dikenal dengan sebuah tempat yang tidak dikenal". Nas paralel pada Injil Markus 8:10 menyebutkan (dalam mayoritas naskah) nama tempat yang sangat berbeda, meskipun sejumlah naskah menyebutnya Magdala atau Magadan dianggap melalui asimilasi teks Matius.


Keempat  Injil merujuk seorang murid Yesus yang bernama Maria Magdalena, dan biasanya dianggap bahwa nama itu berarti "Maria dari Magdala". Tidak ada informasi alkitabiah yang menyebutkan apakah ini rumahnya atau tempat kelahirannya. Kebanyakan sarjana Kristen menganggapnya berasal dari tempat yang dalam Talmud disebut sebagai Magdala Nunayya, dan ini juga tempat Yesus Kristus pernah mendarat dalam salah satu perjalanan-Nya sebagaimana dicatat dalam Injil Matius.

Magdala Nunayya — yang lebih terkenal, dekat Tiberias, Magdala Nunayya ("Magdala ikan-ikan"), yang menunjukkan lokasinya di  pantai Danau Galilea. Al-Majdal, sebuah desa Arab-Palestina yang dikosongkan menjelang Perang Arab-Israel tahun 1948 diidentifikasi sebagai situs Magdala ini. Munisipaliti Israel modern Migdal (Khirbet Medjdel), dikembangkan  pada tahun 1910 dan kurang lebih 6 km sebelah utara timur laut Tiberias, telah berkembang ke daerah bekas desa ini.

Magdala seperti yang kita ketahui tak lepas dari seorang tokoh perempuan bernama Maria Magdalena. Hingga pertengahan abad ke-20, Mary Magdalene, Maria Magdalena secara tradisional digambarkan sebagai pelacur. Beberapa penulis mengaitkannya dengan "Miriam Megaddlela" atau Miriam dengan kuncir rambut yang dikepang, dinamai dalam Talmud abad ke-2. Judul ini mengacu pada gaya   rambut perempuan, yang berkonotasi "pelacur", atau seseorang yang terlibat dalam pekerjaan yang memiliki reputasi buruk. Markus 16: 9 dan Lukas 8: 2 merujuk kepada Maria sebagai orang yang darinya 7 setan diusir, yang mengarah pada suatu kesimpulan bahwa dia adalah seorang wanita yang membutuhkan martabat yang dipulihkan. Lukas 8: 3 juga menyinggung kekayaannya, menyebutkannya sebagai yang pertama di antara para wanita lain yang mengikuti  Yesus karena keinginannya  sendiri untuk melayani (Lukas 8: 3). Salah satu wanita di perkumpulan tersebut  adalah Johanna, istri pelayan Herodes, dan mungkin seorang wanita yang terlibat dalam kehidupan istana. Apakah Mary Magdalene termasuk di antara wanita-wanita itu juga?


Berjalan di sekitar reruntuhan kota asal Maria Magdalena  memunculkan suasana abad pertama di mana ia tinggal. Kehadiran religius yang kuat dapat dibayangkan ketika seseorang berjalan di sekitar sinagoga abad pertama dengan model Kuil (Batu Magdala)  yang terletak di dalam sinagog. Literatur Rabinik menyebutkan sebuah sinagoge dan fondasi  midrash yang terkenal, bahkan menyebut seorang juru tulis, Rabbis Ishak, dan Yehuda. Salah satu dari 24 keluarga imam memiliki tempat tinggal  di Magdala, mungkin ia dari ordo Ezequiel. Apa pengaruh lingkungan keagamaan ini terhadap Mary Magdalene? Apakah dia orang yang taat beragama? Atau memberontak melawan ketatnya kepemimpinan penegak hukum agama dan adat?



Di tengah ketidakjelasan hidupnya, satu fakta pasti Maria Magdalena mengalami perubahan dalam hidupnya. Hidupnya berubah secara radikal setelah bertemu dengan Yesus dari Nazaret, sedemikian rupa sehingga dia mengikuti-Nya ke kaki salib (Yohanes 19:25) ketika banyak pengikut terdekatnya melarikan diri dalam ketakutan. “Sebelum dan sesudah pertobatan” Maria Magdalena disandingkan dengan 2 kisah Injil: wanita pezina (Yohanes 8) dan Maria dari Betania yang mengurapi Yesus dengan nard (parfum)  yang mahal (Yohanes 12). Bapa-bapa Gereja Awal dari Timur dan Barat memperdebatkan apakah “3 perempuan” ini adalah satu dan sama? Gereja Timur secara dominan menyatakan mereka adalah 3 wanita yang berbeda, sementara Gereja Barat tetap teguh dalam mengidentifikasi mereka sebagai satu dan wanita yang sama, Mary Magdalene.


Debat ini muncul kembali selama reformasi Protestan dan sekali lagi di antara para penafsir Alkitab pada pertengahan abad ke-20. Sekitar waktu yang sama, gerakan-gerakan feminis di Amerika Utara berusaha untuk membebaskan Mary Magdalene dari "stigma pelacuran" -nya, hanya untuk dilawan dengan pendekatan yang difokuskan kembali di gereja Katolik pada martabatnya yang dipulihkan melalui "Hidup Baru dalam Kristus". Pada 3 Juni 2016, Paus Fransiskus memprakarsai "peningkatan liturgi" untuk menawarkan kepada Maria posisi terhormat di antara para rasul yang terkenal dalam liturgi-liturgi. Dekrit ini menawarkan refleksi baru tentang kisahnya mempertimbangkan belas kasihan Tuhan dan kesaksian dari seorang promotor Kabar Baik yang otentik.


Dari kisah Mary Magdalene, kita bisa melukisnya sebagai ikon harapan. Maria jelas merupakan salah satu tokoh penonton yang penasaran, karena begitu banyak orang pada zaman Yesus ketika dia pergi ke kota-kota Galilea mengajar di rumah-rumah ibadat, memberitakan Kabar Baik dan menyembuhkan segala macam penyakit. Tentunya dia mendengar ajakan Yesus: "Bertobat dan percaya kepada Injil, karena Kerajaan Allah sudah dekat." Maria Magdalena  membiarkan kasih Yesus menjadi efektif di dalam hatinya. Dan itu dihargai dengan hasrat yang semakin besar untuk mengikuti-Nya dan menjadi yang istimewa untuk pertama kali memberitakan Kabar Baik bahwa Yesus tidak mati, tetapi benar-benar hidup. Ini adalah undangan yang terus bergema hingga hari ini untuk semua yang ingin mengalami transformasi sejati dari kedalaman diri. Dan itu adalah kabar baik yang membawa harapan bagi mereka yang patah hati dan putus asa.

Untuk menghormati maria Magdalena yang mengalami perubahan ekstrim yang transformatif dalam seluruh hidupnya, maka didirikanlah sebuah tempat ibadat di reruntuhan Dusun Magdala.


Pusat ibadah kontemporer Magdala, diberi nama Duc In Altum , memiliki kapel dengan mosaik yang menggambarkan momen pertemuan Maria Magdalena yang sedang bertransformasi dengan Yesus. Tangannya terulur ke arah Yesus ketika jari-jarinya menunjuk padanya. Tujuh setan diusir saat tangannya yang lain bersandar di hatinya. Semua pengunjung dapat merefleksikan berkat penyembuhan dari satu pandangan, pandangan cinta tanpa syarat dan penerimaan yang menembus benteng palsu dari hati yang hancur dan mengembalikan ketenangan pikiran pada realisasi kebenaran martabat seseorang. Pengunjung bisa melihat "jari Allah yang mengusir setan dan Kerajaan Allah turun atas mereka" dalam Pribadi Yesus.

Fase Satu pengembangan Magdala termasuk desain dan konstruksi Duc In Altum. Duc In Altum mengambil namanya dari Lukas 5: 4 di mana Yesus memerintahkan Simon Petrus untuk "meluncur ke dalam" atau "mencebur jauh ke dalam".


Jejak Arkeologi
Di sisi lain, karya seni mengungkapkan pengaruh Yunani-Romawi yang mendominasi lingkungan budaya pada zaman Yesus. Orang-orang Galilea pada abad pertama telah menyaksikan dinasti Hasmonean Yahudi yang runtuh direbut oleh dominasi politik Romawi. Kebanyakan orang Galilea adalah penduduk pedesaan, petani dan nelayan. Magdala adalah kota tempat mereka bisa makmur dari mata pencaharian mereka. Itu adalah pusat perdagangan komersial dengan industri ikan yang berkembang, terutama pasar ikan,  dan acar. Tempat ini juga yang mengekspor barang-barangnya ke Roma. Sebagai pusat agama, budaya dan ekonomi, Magdala berdegup dengan  agama Yahudi dan di kota ini berhadapan langsung dengan pengaruh Yunani-Romawi.

Talmud mengakui Magdala sebagai kota yang makmur dengan reputasi tidak bermoral. Kematian kota ini pada 67AD yang dihancurkan oleh pasukan Romawi dipandang sebagai hukuman atas dosa-dosa dan kejahatannya. Bagaimana konteks budaya ini memengaruhi imajinasi wanita abad pertama? Apakah wanita muda, seperti Maria Magdalena, tertarik pada budaya Romawi yang kafir?


Berdasarkan hasil temua arkeologi, sinagog di Magdala ini saat ini adalah yang tertua yang digali di Galilea dan satu dari tujuh dari abad pertama di seluruh Israel. Sebuah koin dicetak di Tiberias pada 29 M ditemukan di dalam sinagoge, membuktikan bahwa sinagoge berasal dari abad pertama dan masa pelayanan Kristus. Karena Alkitab memberi tahu kita bahwa Yesus mengajar di seluruh Galilea, sudah pasti dia mengajar dan sering mengunjungi tempat ini.

Reruntuhan sinagog terpelihara dengan baik dan termasuk ruang masuk yang juga berfungsi sebagai ruang belajar (Taruhan Midrash), dan ruang untuk menyimpan gulungan Taurat.

Yesus pergi ke seluruh Galilea, mengajar di rumah-rumah ibadat mereka, memberitakan kabar baik kerajaan, dan menyembuhkan setiap penyakit dan penyakit di antara orang-orang. (Matius 4:23). Termasuk di Sinagog Magdala.


Salah satu temuan arkeologis terbaru yang paling signifikan di wilayah Galilea yaitu Batu Magdala.  Batu Magdala memiliki petunjuk yang akan membantu para sarjana membangun gambaran yang lebih lengkap tentang Yudaisme abad pertama. Batu Magdala kemungkinan merupakan penggambaran artistik tertua yang diketahui tentang kuil (sinagoga) Kedua.

Ada pun Batu Magdala bagian depan batu menggambarkan gambar pahatan tertua dari menorah bercabang tujuh.  Reruntuhan sinagoga yang ditemukan ini membawa  kegembiraan yang intens di antara para arkeolog di Magdala juga arkeolog lain.

Sisi panjang batu menggambarkan sisi bangunan dengan lengkungan berpilar, dengan desain tiga dimensi untuk menciptakan ilusi yang muncul di dalam kuil. Bagian belakang batu menggambarkan struktur berpilar dengan dua roda di atas bentuk geometris, menggambarkan api. Agaknya, bagian depan dan samping ukiran batu melambangkan Sinagoga Kedua di Yerusalem.  Sisi belakang yang menggambarkan roda dan api melambangkan Yang Mahakudus.


Batu itu ditutupi dengan simbol dekoratif yang berkaitan dengan struktur sinagoga dan benda-benda Yahudi seremonial. Benda-benda ini dapat membuka banyak misteri yang belum terpecahkan yang telah lama membingungkan para arkeolog.

Proyek arkeologi di kawasan Magdala ini dipimpin oleh Universidad Anáhuac México Sur (Universitas Anahuac Meksiko - Selatan bekerja sama dengan Universidad Nacional Autónoma de México (Universitas Otonomi Nasional Meksiko - UNAM) dan Otoritas Barang Antik Israel).


Berbagai peninggalan kuno ini menunjukkan bahwa Magdala jelas merupakan kota yang berpengaruh dan makmur pada masanya.  Hal tersebut sebagaimana dibuktikan oleh bangunan berdekorasi rumit yang telah ditemukan di sini. Beberapa bangunan yang diidentifikasi sebagai rumah besar, kemungkinan besar rumah para pedagang kaya Magdala, terletak di sepanjang jalan di selatan sinagoge. Rumah-rumah mewah ini ditaburi dengan lantai mosaik yang penuh warna dan rumit, yang masih dapat dilihat sampai sekarang. Fitur lain yang mengesankan dari kota ini adalah tiga mikvaot (pemandian ritual) yang merupakan yang paling awal yang ditemukan di negara ini untuk menggunakan air tanah. Perpipaan canggih dari mikvaot ini adalah satu lagi bukti bahwa Magdala berada di garis depan perdagangan dan budaya regional pada abad pertama.

Di masa jayanya, Magdala adalah kota terkemuka di sepanjang rute perdagangan yang mengelilingi Galilea. Ini tercermin dalam reruntuhan pasar yang luas dan dirancang dengan baik yang digali oleh para arkeolog. Sebuah jalan yang rata berada di pusat dan diapit di sisi timurnya dengan toko-toko yang kemungkinan menjual segala sesuatu mulai dari tembikar, barang anyaman hingga produk segar. Pentingnya industri perikanan Magdala dapat dilihat di beberapa toko ini, di mana kolam plesteran dengan berbagai ukuran dirancang untuk menahan tangkapan hari itu dan memperlihatkannya kepada pelanggan.


Salah satu penemuan paling mengesankan di reruntuhan pasar adalah sistem pipa berteknologi canggih yang menghubungkan toko-toko dengan akses individu ke air tanah segar. Sistem ini sangat  luar biasa untuk penemuan pada  dua ribu tahun yang lalu, bahkan lebih mencengangkan karena masih berfungsi sampai sekarang.

Kunjungan ke Magdala bagi saya mampu sedikit memberikan gambaran tentang kota purba di Israel. Suatu kemajuan yang sudah ada pada 2000 tahun lalu. Meski udara sangat panas saat kami berkujung, tak mampu membuat semangat eksplorasi kami surut. Terutama semangat untuk berswafoto.


Pusat wisata rohani Duc In Altum di reruntuhan Kota Tua Magdala membawa gambaran tersendiri bagi saya. Meski catatan saya tentang objek ini sempat ketelingsut karena terpisah dari bundelannya. Komplek Duc In Altum telah disebut sekarang dikenal sebagai "pusat spiritual yang  unik di Tanah Suci." Para peziarah sudah mulai mengunjungi Duc In Altum untuk berdoa, menyembah, merayakan Misa, dan mengalami kehadiran Tuhan kita yang telah bangkit. Duc In Altum menampilkan  lukisan, Kapel berbentuk Kapal, Kapel Mosaik, dan Kapel Encounter yang nyaman dan indah.


(sumber: https://www.magdala.org/https://www.wikipedia.org)



(Ch. Enung Martina: Teriring ucapan terima kasih tak terhingga kepada : Sr. Francesco Maryanti,OSU yang menjadi jalan semua ini teralami, Romo Hendra Suteja, SJ pembimbing rohani yang kepada beliau kebijaksanaan diberikan Tuhan, kepada Romo Sugeng yang mempunyai talenta untuk menghibur, kepada Mas Edi dan Mas Engki yang tak lelah melayani,  kepada seluruh tour guide, crew di bis, dan seluruh peserta ziarah dari Keluarga besar Santa Ursula BSD.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar