Minggu, 29 Maret 2020

Khasanah Gereja: Salus Populi Romani



Gambar ajaib, Pelindung Wanita Romawi termasuk salah satu yang dipersiapkan untuk ibadat  yang dipimpin Paus Fransiskus di teras Basilika St. Petrus, Vatikan. Pada kesempatan itu Paus  memberikan berkat “Urbi et Orbi” dan “Indulgensi Penuh” tanpa kehadiran umat, Jumat, 27/3, pukul 18.00 (waktu Roma), atau pukul 24.00 WIB.

Salus Populi Romani begitu gambar itu dijuluki. Gambar ajaib ini adalah ikon Maria yang paling dicintai dan dihormati di Roma, Italia. Terletak di Cappella Paolina dari Saint Mary Major Basilica di Roma, yang dikenal oleh para peziarah berbahasa Inggris sebagai Kapel Lady. Gereja, Saint Mary Major - St.  Maria Maggiore, Roma   dianggap sebagai basilika patriarki Romawi ketiga. Gereja dan Kapel Maria ini berada di bawah perlindungan khusus para paus.

Seperti pada umumnya kita ketahui seni dalam Gereja Katolik, ikon merupakan seni yang merupakan pemujaan dalam tradisi  Bizantium. Ikon ini merupakan gambar Madonna dan Sang Anak,  Kristus yang memegang buku Injil.  

Beberapa pihak berwenang mengklaim gambar Salus Populi Romani dapat ditelusuri ke periode pasca-ikonoklastik abad kedelapan.

Paling lambat pada abad ke - lima, itu dihormati sebagai gambar ajaib, dan sejak saat itu dianggap gambar yang sangat dihormati dan kemudian digunakan oleh para Yesuit untuk mendorong devosi kepada Bunda Allah. Nama yang diberikan untuk jenis gambar Maria ini dalam ikonografi adalah "Hodegetria," kata yang berarti "Panduan Jalan." Kata, "Hodegetria" - sebagaimana diterapkan di sini - berasal dari dasar biara "pemandu," "Hodegon," di Konstantinopel. Diperkirakan bahwa gambar jenis ini pernah terletak di sebuah kapel di sana.

Seperti yang terlukis di ikon itu, Yesus bersandar di lengan kiri Bunda Maria, lengan kanannya sedikit terangkat penuh berkat. Di tangan kirinya ia memegang sebuah buku (Injil),  Dia tampak menatap ibu-Nya; Pandangan Maria memandang ke arah orang-orang. Kebanyakan gambar Hodegetria menggambarkan tangan kanan Maria menunjuk kepada Kristus. Di Salus Populi Romani, tangan kanan Maria menyilang di atas kirinya dalam pelukan lembut anak itu.

Maria digambarkan sebagai wanita yang memandang ke arah orang-orang, memandang mereka dengan tatapannya untuk berpusat pada putra ilahinya. Putranya, Yesus, bersandar dengan ringan, hampir tanpa beban di lengannya. Dia memberkati orang-orang yang dilihat-Nya, Dia memandangnya, ibu-Nya, sebagai salah satu dari mereka, tetapi terutama sebagai orang yang berbagi paling intim dalam Inkarnasi-Nya.

Breviary Romawi menyatakan, Setelah Konsili Efesus (431) di mana Bunda Yesus diakui sebagai Bunda Allah, Paus Sixtus III mendirikan sebuah basilika di Roma, tepatnya  di Bukit Esquiline.  Sebuah basilika yang didedikasikan untuk menghormati Bunda Suci Allah. Setelah itu disebut Saint Mary Major dan itu adalah gereja tertua di Barat yang didedikasikan untuk menghormati Santa Perawan Maria.

" Salus Populi Romani adalah salah satu dari yang disebut "gambar Lukas." Ada banyak di seluruh dunia yang dikaitkan dengan Santo Lukas. Asal usul "gambar Lukas" tidak diketahui, tetapi legenda atau tradisi telah menyimpannya  selama berabad-abad. Terungkap bahwa setelah Penyaliban, ketika Bunda Maria pindah ke rumah St. Yohanes, ia membawa serta beberapa barang pribadi - di antaranya adalah meja yang dibuat oleh Penebus di bengkel Santo Yosef.

St. Lukas melukis potret Bunda Allah. Hal itu dilakukannya di  atas meja ini (buatan Yesus)  yang digunakan untuk mengabadikan gambarnya. Sambil menggunakan kuas dan catnya, St Lukas mendengarkan dengan cermat ketika Bunda Yesus berbicara tentang kehidupan putra-Nya, fakta-fakta yang kemudian dicatat oleh sang Penginjil dalam Injilnya.

Legenda tersebut  juga memberi tahu kita bahwa lukisan itu tetap berada di dalam dan sekitar Yerusalem sampai ditemukan oleh St. Helena pada abad keempat. Bersama-sama dengan relik suci lainnya, lukisan itu diangkut ke Konstantinopel di mana putranya, Kaisar Constantine the Great, mendirikan sebuah gereja untuk penobatannya. "(Joan Carroll Cruz, Gambar Ajaib Our Lady, 1993, hlm. 137)

Berbeda  dengan tradisi di atas tentang ikon ini disebutkan bahwa  gambar khusus ini sendiri tidak dapat ditelusuri persis waktu pembuatannya. Ditaksir  dibuat antara abad ketiga belas - kelima belas terakhir.  Ikon ini  umumnya dihormati sebagai mukjizat dan kemudian dianggap sebagai Madonna Jesuit.

Apa yang membuat gambar ini ajaib?
Jawabannya ditemukan dalam asal-usul misterius yang terbungkus dalam sejarah keberadaan ikon ini.  Fakta bahwa ikon ini  telah bertahan  dari waktu ke waktu, dan banyak kisah ajaib perlindungan yang dikaitkan dengan Bunda Maria yang dicitrakan di dalamnya.

Kisah keajaiban itu Antara lain:
Selama masa kepausan St Gregorius Agung (590-604) wabah menyerang orang-orang Roma dengan kejam, membunuh seluruh keluarga. Paus  Gregorius dengan sungguh-sungguh berdoa kepada Bunda Maria. Selama festival Paskah ia membawa gambar tersebut  dalam prosesi khidmat. Sesampainya di Mausoleum Hadrian (sekarang bernama San Angelo), sebuah paduan suara malaikat terdengar menyanyikan nyanyian Kebangkitan yang menggembirakan:
Regina coeli, laetare, alleluia;
Quia quem meruisti portare, alleluia;
Resurrexit sicut dixit, alleluia.
Tanpa ragu-ragu, Paus suci menambahkan:
Ora pro nobis Deum, alleluia.

Konon katanya setelah Paus Gregorius mengucapkan kata-kata ini, di atas Mausoleum Hadrian muncul seorang malaikat, yang dipercaya sebagai St. Michael.  

Para paus di masa lalu dan masa kini mengungkapkan devosi mereka kepada Maria di depan gambar tersebut. Demikian pula halnya Paus Fransiskus yang kita lihat mengusung ikon Bunda Maria ini dalam Ibadat Petang yang beliau pimpin pada hari Jumat, 27 Maret 2020 jam 18.00 waktu Roma.

Beberapa Bapak Gereja yang juga berdevosi kepada Maria di depan ikon ini adalah St. Stanislaus Kostka; Ignatius Loyola (pendiri Yesuit), yang merayakan Misa pertamanya di sini pada malam Natal tahun 1538; dan Santo Fransiskus dari Borgia, jenderal ketiga Yesuit. Fransiskus dari Borgia adalah orang pertama yang mengajukan petisi kepada Paus untuk memperbanyak gambar (ikon) ini untuk rumah-rumah belajar Yesuit.

Di seminari Bavaria (Jerman).   di sana gambar itu dikenal sebagai Mater-admirabilis, kemudian,  Mother Thrice Admirable. Seluruh spiritualitas berkembang dari implikasi teologis Maria sebagai Bunda Allah, dan Bunda Penebus.  

Perlu dicatat tentang "menyalin" gambar Salus Populi Romani oleh para seniman di berbagai tempat dan negara terdapat kesamaan, tetapi juga sedikit nuansa yang membuat "salinan" unik untuk setiap tempat. Contohnya penyebarannya ke Cina, di sana  ia dikenal sebagai Madonna dari Singanfu. Salinan Cina abad keenambelas yang tepat terletak di Museum Sejarah Nasional Chicago Field.

Keinginan untuk berhubungan dengan tradisi kuno tempat devosi Maria yang pertama di gereja Roma memiliki peran yang harus dimainkan. Gambarnya tidak sama, tetapi tautannya atau hubungannya tetap ada. Terhubung pada yang asli, Salus Populi Romani, Sang Bunda Pelindung Roma.

Disarikan oleh C. Enung Martina dari:
https://udayton.edu/imri/mary/s/salus-populi-romani.php
http://romojostkokoh.blogspot.com/2018/02/pesta-translasi-ikon-sp-maria-salus.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar