Minggu, 19 April 2009

RADA FILSAFAT EUY

CATATAN TENTANG ZAMAN PENCERAHAN
Apa yang menjadi sumber vitalitas dan optimisme yang menggeleora dari seseorang? Sumbernya bisa datang dari mana saja. Perubahan dan pertumbuhan pada kebudayaan, ekonomi, politik, dan sosial yang terjadi datang dari perdagangan baru, metode pertamban, sistem pertanian baru, perkembanan industry, kebangkitan pusat urban menengah ke atas, dll. Pengalaman atas berbagai perkembangan pasti telah berperan bear untuk dapat mengakui bahwa perubahan besar telah terjadi di seluruh dunia. Bahwa pikiran manusia telah dimerdekakan dan mengasilkan pengetahuan untuk kebahagiaan manusia melebihi segala yang pernah dibayangkan.

Sumber utama bagi pencerahan, kepercayaan diri, dan optimisme tumbuh dari cepatnya pertumbuhan, daya, dan kemajuan ilmu pengetahuan baru. mathematical Principle of Natural Philosophy (1687) karya fisikawan Inggris Sir Isaac Newton, merupakan karya besar dan paling berharga dari segala keberhasilan ilmu pengetahuan pada masa pencerahan. Buku ini berbicara tentang penggabunan kepingan-kepingan pengetahuan yang ada dalam bidang astronomi dan fisika di bawah beberapa prinsip sederhana yang muncul sebagai salah satu prestasi ilmiah terbesar sepanjang masa.

Descartes, kepler, dan Galileo telah menunjukkan kekuatan pikiran manusia untuk memasuki hukum alam. Newton membuktikan fisika matematis menjelaskan keseluruhan semesta jasmaniah dan tidak hanya bagian-again terpisah. Hukum gravitasi menetapkan sebuah hukum bagi seluruh alam. Menurut Newton: keseluruhan semesta jasmaniah (fisik) bersifat mekanis, mesin dunia. Segala sesuatu berkenaan dengan mesin, mulai dari pergerakan planet sampai jatuhnya apel dari pohonnya, bisa dijelaskan dengan hukum gerak mekanis. Semesta jasmaniah merupakan sebuah sistem sebab akibat segala kerjanya sangat bersifat deterministic (menentukan)

Segala sesuatu yang terjadi di alam jasmaniah merupakan hasil dari pendahulu yang tidak bisa dihilangkan, tidak ada sesuatu selain sesuatu itu sendiri. Segala sesuatu adalah sesuatu itu sendiri dengan didahului oleh sebab.

Alexander Pope berkomentar tentang Newton dalam puisinya:
Alam dan hukum tersembunyi di kegelapan malam:
Tuhan berfirman, jadikan Newton
Dan segalanya menjadi terang

Jhon Locke (1664):
ada hukum alam yang mengatur manusia dan bahwa hal itu bisa diketahui akal manusi. Hukum alam untuk manusia adalah untuk manusia adalah bahwa semua manusia itu rasional, semaunya sejajar dalam hak kehidupan, kemerdekaan, hak milik alami yang sama, dan kewajian yang sama untuk tidak menganggu orang lain. Dan akal manusia mengajarkan pada semua manusia yang mau, namun tidak merundingkannya, yakni bahwa semua sejajar dan merdeka, tak ada yang semestinya menganggu kehidupan, kesehatan, kemerdekaan, dan hak milik orang lain.

Thomas Jeffreson:
Kita pegang kebenaran itu sebaai bukti diri bahwa semua manusia diciptakan sama, bahwa manusia dianugrahi oleh penciptanya dengan hak yang tak boleh dijajah, yang diantaranya adalah hak hidup, hak kemerdekaan, dan hak mengear kebahagiaan.

Bagi zaman pencerahan, akal manusia berkuasa sebagai raja. akal manusia telah menunjukkan bahwa alam semesta ini teratur, berhukum, dan harmonis, seperti yang didemonstrasikan hukum ilmiah astronomi, fisika, kimia, dan fisiologi.
akal juga berperan bagi manusia dalam keharmonisan rasional alam semesta, melalui hukum alam dan hak azasi.
(Teh Enung anu bageur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar