Minggu, 08 Maret 2009

Refleksi Abdi

IKUTI KATA HATIMU
Refleksi sesudah membaca buku Andrew Matthews


Pertumbuhan sangat menyakitkan kalau kita menentangnya. Dalam hidup selalu ada pertumbuhan jasmani maupun rohani. Berkaitan dengan pertumbuhan rohani: Hidupku menjadi serangkaian pelajaran yang saya butuhkan, terjadi dengan urutan yang sangat tepat. Meskipun terkadang kita merasakannya sebagai sebuah hal yang sangat tidak nyaman bahkan menyakitkan. Dalam hidup semuanya akan terjadi suka atau pun tak suka, semua peristiwa yang harus terjadi pasti terjadi. Baik kita sebagai orang yang bertanggung jawab atau yang menjadi korbannya, baik yang memperhatikan maupun yang mengabaikan hal tersebut. Peristiwa pasti akan kita alami.

Setiap kali terjadi peristiwa pahit dan serangkaian kegagalan, pasti ada pelajaran di dalamnya. Hal yang terburuk yang selalu kita katakana adaah: TIDAK ADIL. Kita merasa bahwa seharusnya kita diperlakukan adil. Dunia seharusnya berlaku adil. orang lain seharusnya memperlakukanku adil karena aku pun selalu berusaha adil kepada mereka. Tapi kenyataannya dunia tak pernah adil. Bukan begitu?

Bertindaklah seolah-olah setiap peristiwa memiliki tujuan sehingga kita juga mempunyai tujuan hidup. Kita berhadapan dengan berbagai persistiwa dari yang biasa sekali, biasa, sampai yang luar bisa. Berlakulah seolah itu semuanya ada tujuan dan ada maknanya untuk hidup kita. Kalau kita melakukannya ternyata memang kita menemukan bahwa semuanya memang ada tujuan dan ada makannya.

Pertumbuhan berarti berada di tempat dan suasana baru. Tempat, peristiwa, dan suasana sebenarnya tidak berubah. Yang berubah adalah cara pandang kita terhadap semaunya. Bila kita memandang sesuatu itu menyenangkan kita bakal menemukan bahwa itu menyenangkan juga. Bila kita beranggapan itu tak berarti, maka sampai akpan pun sesuatu tak akan pernah ada artinya bagi hidup kita.

Mengubah cara pandang itu tidak mudah. Tapi bukan mustahil untuk dilakukan. Kita menuntut orang lain yang ada di sekitar kita berubah menjadi lebih baik, menjadi sesuai keinginan saya, bisa selaras dengan saya, dan semuanya baik-baik saja, semuanya berjalan lancar. Namun, apakah kita juga sudah berani mengubah diri. Perubahan dimulai bukan pada orang lain tetapi pada diri sendiri. Dan tempat yang paling tepat untuk memulai perubahan adalah tempat kita berada sekarang.

Aku sudah mengubah diri menjadi lebih baik. Tapi kenapa yang lain masih begitu saja gak ada bedanya. Sabar, semuanya perlu waktu dan perlu proses. Kalau memang orang itu tetap tidak berubah juga. Coba lagi. kalau gagal? Jangan menyerah, yang penting kita sudah berusaha. Dan yang penting kita sudah bisa mengalahkan diri kita sendiri untuk bisa mengubah diri menjadi yang lebih baik. Selamat aku dan kamu sekarang sudah menjadi orang yang agak bijaksana sedikit. Dunia ini memerlukan oang-orang yang punya hati dan bijaksana dalam jumlah ang sangat besar.

Teh Enung Martina anu bageur tea

Tidak ada komentar:

Posting Komentar